Penyebab Maraknya Pembajakan Digital Di Indonesia

Pembajakan Barang Digital - Pembajakan adalah salah satu tidakan yang mana hampir bisa di katakan sebagai pencurian di mana orang akan menggunakan barang atau suatu produk digital yang seharusnya membeli lisensi barang tersebut.

Aplikasi bajakan
Computer By Pixabay

Indonesia menjadi salah satu negara yang banyak menggunakan barang digital secara ilegal atau istilahnya adalah hasil pembajakan. contohnya adalah Software, Musik dan Film yang sering di unduh secara gratis di internet.

Ada banyak penyebab dari maraknya pembajakan barang digital di indonesia yang mana telah admin rangkum di bawah ini..

ARTIKEL INI 100% DI BUAT OLEH SAYA PRIBADI DENGAN PENDAPAT SAYA PRIBADI... JIKA ADA KESALAHA HARAP MEMBERIKAN TANGGAPANYA..

#1. Tidak Tau

Salah satu dari seringnya orang yang menggunaka barang digital yanng ilegal adalah mereka tidak mengetahuinya bahwa itu ilegal.

Sama halnya dengan mendownload lagu yang ada di internet, mereka banyak yang tidak mengetahuinya bahwa yang mereka lakukan itu adalah tindakan ilegal.

Namun dengan seiring dengan kemajuan internet banyak yang lebih menyukai Streaming daripada mendownloadnya.

Namun ya masih saja ada yang menggunakan file mp3 secara ilegal. jadi memang perlu kesadaran dari diri sendiri terutama bagi mereka yang mendukung para musisi favorit mereka agar terus bisa berkarya yaitu dengan membeli lagu atau albumnya secara legal.

Begitu juga dengan Film atau software yang jauh lebih mahal daripada musik dan gambar.

#2. Mahal

Yup.. inilah alasan mengapa banyak yang menggunakan barang digital ilegal terutama software PC. untuk OS saja bisa berjuta-juta harganya belum lagi dengan aplikasi lainnya.

Satu aplikasi bisa berharga Ratusan hingga jutaan rupiah yang sangat memberatkan kantong orang Indonesia yang mayoritas pendapatannya menengah kebawah.

Ya memang solusi dari harga software yang mahal ini sulit namun bagi kalian yang sering mengunjungi google untuk mencari informasi tentu kalian dapat mencari aplikasi alternatif seperti aplikasi Open Source yang banyak ada di internet walaupun sekali lagi tentu berbeda kualitasnya.

#3. Beli Di Mana

Ini juga menjadi kendala dalam menggunakan aplikasi bajakan karena ada begitu banyak aplikasi yang ada sekarang ini sedangkan untuk membelinya kita harus menggunakan Dollar yang tentu tidak semua orang memilikinya..

Di Indonesia memang ada toko yang menjual namun tidak semua aplikasi di jual lisensinya hanya beberapa saja yang menjual aplikasi yang sudah terkenal.

Sekali lagi, inilah masalahnya.

#4. Kurangnya kesadaran

Masalah ini memang menjadi kebiasaan yang sulit untuk di hilangkan di mana rasa kesadaran ayng tidak memperdulikan lagi membuat mereka menjadi serakah dan menggunakan aplikasi ilegal.

#5. Gampang

Saat ini kemajuan internet membuat orang semakin mudah untuk saling share dan memberikan informasi. jadi sangat banyak tempat untuk mendapatkan suatu barang secara ilegal.

Contohnya adalah blog atau website yang menyediakan download lagu atau film gratis atau pula download software gratis yang full version.

Nah itulah MUNGKIN masalah yang membuat orang indonesia menggunakan barang secara ilegal atau membajak suatu karya tanpa menghargai kerja keras dalam pembuatannya.

So.. jangan suka membajak apliaksi atau barang digital lainnya ya.. 
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
Intermezzo