12 Tips Aman Belanja Online Agar Tidak Di Tipu

Tips Belanja Online - Saat ini ada banyak sekali pengguna internet yang ada di Indonesia, baik itu untuk membaca berita, belajar ataupun berbisnis.

Salah satu sektor perkembangan yang paling besar adalah jumlah toko online yang semakin banyak ada di internet saat ini. dengan beragam produk yang dijual, baik itu Gadget,  Buku bahkan akun Sosial Media.

 cara aman belanja online agar tidak di tipu

Tidak semua orang di dunia ini adalah orang jujur terkadang ada beberapa di antaranya yang menipu para pelanggannya. oleh karena itu kita harus sangat waspada terutama ketika  akan membeli sesuatu di toko online.

Baiklah berikut ini adalah tips dari admin untuk kalian yang ingin membeli produk secara online.

#1. Telusuri Toko Online Tersebut

Cara pertama adalah dengan mencari tau info tentang informasi toko online tersebut, apakah toko tersebut itu aman atau tidak.

Cara yang paling mudah adalah dengan mencari di website yang sering membahas tentang ke amanan suatu toko online.

Kepopuleran suatu situs juga bisa menjamin keamanan transaksi yang dilakukan.

#2. Bandingkan Harga

harga di toko online
Bandingkan harga dari produk yang di jual toko online tersebut, jika kalian melihat ada selisih harga yang sangat jauh dari kebanyakan toko online lainnya maka berhati-hatilah.

Namun tidak semua toko online seperti ini adalah penipuan jadi baca di bawah.

#3. Lihat Komentar

Lihat apakah ada komentar yang buruk tentang produk yang di jual atau tidak biasanya mereka akan meninggalkan komentar jika produk yang mereka terima tidak sesuai dengan aslinya dan biasanya jika ada penipuan juga akan di tulis di komentar.

Kalian juga harus waspada terkadang para penipu juga meninggalkan komentar agak barang atau produk yang mereka jual menjadi laku.

Cara termudah membuktikannya adalah kalian lihat Nama komentatornya, waktu dan juga tulisannya. jika hanya tulisan yang di buat secara buru-buru hati-hati MUNGKIN penipuan.

#4. Cek Polisionline

Situs ini adalah situs yang membahas tentang ke amanan suatu website jika kalia menemukan website yang memasang banner ini maka ke amanannya terjamin.

Kalian bisa melaporkan jika ada toko online yang menipu kalian seperti barang yang tidak sama atau bahkan barang tidak sampai.

#5. Teliti Membaca Diskripsi Barang

Terkadang ada bebrapa toko online yang menjual barang replika namu tidak menulisnya di judul dan kalian tertipu olehnya.

Jadi bacalah deskripsi barang dengann teliti.

#6. Lihat URL Website

Salah satu yang paling mudah mengetahi kalau toko online itu bukan penipuan mungkin dengan melihat URL nya, biasanya URL seperti "HTTPS" atau "SHTTP" sudah di enskripsi sehingga kalian akan aman berbelanja online.

#7. Tanya

Kalian boleh bertanya kepada orang lain yang sudah pernah membeli produk di toko online, jadi ada baiknya kalian bertanya entah itu teman atau orang secara online.

Kalian bisa menanyakannya di Forum tanya jawab yang ada banyak di Indonesia, Namun ingat juga ada beberapa penipuan juga di sini jadi kalian lihat tanggapannya jika terlalu menjelekan atau men sanjung suatu toko online.

#8. Simpan Tanda Pembayaran

Setelah anda melakukan transaksi sebaiknya kalian harus simpan bukti kalau anda sudah melakukan transaksi.

Terkadang ada beberapa kesalahan yang di sengaja atau tidak yang mengatakan kalau ada belum melakukan pembayaran.

#9. Opsi Pembayaran

Pilihlah toko online yang memiliki opsi pembayaran secara COD karena akan lebih aman dan jelas terpercaya.

#10. Gunakan Anti-Malwer

Keberadaan malwer sangat berbahaya bagi suatu komputer karena akan sangat merugikan penggunanya sendiri.

Terkadang ada malware yang mencuri data kartu kredit anda jadi sebaiknya jangan lupa memasang anti-malware.

#11. Jangan Memberi Data Pribadi

Jangan pernah anda memberikan data pribadi anda begitu saja, apalagi jika tiu tidak di perlukan dalam transaksi jadi berhati-hatilah. 

#12. Berdoa

Yah.. ini jelas setiap hal apapun yang ingin kita lakukan sebiaknya kita berdoa supaya di berikan perlindungan dari yang maha kuasa.

Sekian tips agar tidak tertipu saat berbelanja online, terinakasih.
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
1 Komentar :
  • Tanto Fajrin
    Tanto Fajrin 21 November 2016 at 03:22

    Harus melihat review dari orang lain sihh...

Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
Intermezzo,Tips & Trik